5 Langkah Mendirikan Usaha Penerbit Mandiri (Self Publishing)

5 Langkah Mendirikan Usaha Penerbit Mandiri (Self Publishing)

JAKASANDARA.COM – Hai Sobat Muda, dunia tulis menulis merupakan sebuah kegiatan yang tak lekang oleh waktu dan selalu mendapatkan tempat dalam hati masyarakat terkhususnya di Indonesia, dari kecil kita sudah diajarkan mengarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, ya kan Sob?…  bahkan di Dunia pendidikan saat ini tidak bisa lepas dengan yang namanya “kepenulisan”  sebut saja Guru, Dosen & Tenaga Kependidikan harus memiliki sebuah buku yang Ber-ISBN dari perpustakaan Nasional  RI sebagai tambahan poin untuk peningkatan kinerja, dan bukan hanya itu bahkan banyak dari kalangan non pendidikan yang aktif menulis. Nah, ini akan menjadi peluang usaha untuk mendapatakan profit sekaligus membantu oranglain untuk tetap eksis dalam berkarya. Karena jika kumpulan tulisan sudah tersedia tentunya harus ada ruang/lembaga yang menampung tulisan mereka dengan mudah, cepat dan berkualitas. Dalam hal ini perlu ada nya penerbit-penerbit yang siap sebagai jasa untuk keperluan penulis. Bagaimana cara mendirikan penerbit??? Yuk simak poin-poin berikut ini:

BACA JUGA: Cara Layout buku dengan mudah dan cepat 100% bisa

1. Membuat Nama dan Logo

Setiap usaha atau lembaga tentu menjadi hal yang wajib untuk membuat sebuah nama dan logo, apalagi sebuah penerbit. Sebelum memilih nama yang ada dalam fikiran kita, sebaiknya sobat Muda lakukan riset dan searching dulu melalui  media social ataupun google agar nama yang kita buat tidak sama dengan yang pernah orang lain buat, karena saat ini banyak sekali nama-nama yang sebenarnya ada dalam fikiran kita ternyata sudah dimiliki orang lain. Setelah menentukan nama, barulah sobat membuat logo, desain logo yang menarik dan unik bisa menggunakan photoshop atau pun corel draw, jika sobat tidak menguasai aplikasi tersebut, sobat bisa menggunakan aplikasi online yang mudah diedit semisal di https://www.canva.com/ dan banyak lagi website-website penyedia pembuatan logo gratis. Bila sobat punya modal, sobat bisa mencari jasa pembuatan logo mulai dengan harga yang sangat murah sampai dengan harga yang sangat mahal ini tergantung dari budget sobat sekalian.

2. Membuat Akta Notaris

Nah ini sangat penting dalam sebuah usaha, khususnya Penerbit. Karena akta notaris  merupakan syarat untuk mendaftarkan penerbit menjadi member dan mendapatkan akun dari Perpusnas (Perpustakaan Nasional), akun ini berfungsi untuk mendapatkan nomor ISBN sebuah buku yang resmi dari perpusnas. Akta notaris ini berbentuk Commanditaire Vennootschap (CV) merupakan persekutuan perseroan terbatas di Indonesia. Bisnis yang bisa didirikan oleh seluruh warga negara Indonesia tanpa dasar hukum yang mengikat. Jasa pembuatan CV pun bervariasi disetiap daerah, ada yang dengan harga Ratusan ribu hingga jutaan. Nah ini tergantung dari daerah sobat masing-masing ya. Untuk membaca pengalaman Penulis sewaktu membuat akta notaris Silakan Klik Disini!

3. Membuat TIM

Sebenarnya dalam menjalan  usaha penerbitan tidak perlu menggunakan TIM jika sobat menguasai beberapa hal, Seperti: menguasai Microsoft Ofice dalam hal ini Microsoft word dan Power point, Photoshop/Corel draw dan memiliki ketertarikan pada media sosial. Aplikasi-aplikasi tersebut berfungsi pembuatan Layout Buku dan Cover Buku, namun ketika sobat belum menguasainya barulah sobat membentuk TIM, itu pun tidak terlalu banyak tergantung kebutuhan dari sobat, karena disini sobat yang lebih tau arah penerbit kedepannya. Sobat kan BOS nya hehe. Jika sobat ingin belajar secara singkat bagaimana cara membuat layout yang menarik, Silakan Klik Disiini!

4. Menentukan Percetakan

Ketika step by step telah sobat lakukan dan sebuah naskah telah disulap menjadi buku yang lengkap. Seperti adanya Cover yang bagus, layout yang menarik dan terdaftar di perpustakaan Nasional dengan ditandai adanya Nomor ISBN. Barulah sobat mencari percetakan yang bisa diajak kerjasama dengan baik, di Indoensia ada banyak percetakan-percetakan buku berkualitas yang menantikan kedatangan penerbit, jadi sobat usah ragu dalam hal ini. Jika sobat masih bimbang bisa sobat tanta-tanya percetakan murah dan berkualitas dengan cara Klik disini!

BACA JUGA: Penerbit Landasan Ilmu

5. Selesai

Nah, semua poin telah sobat lakukan dan saatnya buku yang sobat terbitkan tadi untuk dipromosikan ke media social yang sobat miliki dan bisa juga kerjasama dengan toko-toko buku terdekat diwilayah sobat masing-masing.

Itulah poin-poin mendirikan sebuah penerbit, jika sobat masing bingung silakan berkomentar pada kolom yang telah disediakan. Salam Sukses Sobat Muda. Semangat Menulis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 7 =