3 Kunci Sukses & Bahagia Ala Haji Bolot

3 Kunci Sukses & Bahagia Ala Haji Bolot

Siapa yang tidak kenal dengan Muhammad Sulaeman Harsono atau lebih dikenal dengan Haji Bolot salah satu Pelawak Senior tanah air yang sangat sukses dan menghibur dengan ciri Khas Budeg dan hanya bisa mendengar jika berkaitan dengan Perut, Harta, Wanita dan Jabatan, membuat tawa lepas setiap orang yang menontonnya. Meski sudah berumur 78 tahun pada 2020 namun beliau tetap tampak sehat dan kuat menghibur penonton setianya.  namanya yang populer disetiap kalangan bukan tanpa perjuangan dan pengorbanan. Namun penuh dengan rintangan yang berliku, hingga saat ini ia telah membantu 10 orang anaknya membangun rumah-rumah mereka serta membangun kontrakan untuk keperluan bisnis. “Saya Hidup mencari senang bukan kaya, karena orang kaya belum tentu senang tapi orang senang sudah pasti senang”. Ungkap Haji Bolot penuh senyum. Kira-kira apa sih Kunci Sukses dan bahagia Haji Bolot??? . . . Berikut Penjelasannya:

BACA JUGA: 5 Langkah Mendirikan Usaha Penerbit Mandiri (Self Publishing)

Jangan Terlalu berambisi (Ambisius)

Pertama, Menurut Haji Bolot dalam menjalani hidup jangan terlalu berambisi untuk mencapai sesuatu sehingga menghalalkan segala cara, boleh saja kita beringinan dan berusaha semaksimal mungkin namun jangan sampai keterlaluan barangkali keinginan kita tersebut bukan yang terbaik. Seperti yang kita ketahui bahwa arti dari Ambisius dalam  KBBI adalah: berkeinginan keras mencapai sesuatu (harapan, cita-cita).

“jangan terlalu ambisi, ketika jadi artis pengen naik gitu, jadi umpama pejabat pengen pangkat”. Ungkap Haji Bolot.

BACA JUGA: Cara Layout buku dengan mudah dan cepat 100% bisa

Jangan Pernah Syirik ke Orang Lain  (Iri Hati, dengki)

Yang kedua jangan pernah syirik kepada oranglain, kebanyakan manusia gagal adalah sibuk memikirkan oranglain. Ketika oranglain mendapatkan sesuatu yang luar biasa acap kali manusia gagal iri hati serta mencari kejelekan orang tersebut dan berusaha untuk menjatuhkan hingga kita lupa dengan focus kepada capaian serta target kita untuk mendapi kesuksesan. Biarlah oranglain memiliki capaian apa pun itu sebab perjuangan mereka pun penuh pengorbanan.

“jangan mempunyai Sifat Syirik, temen kita, saudara kita mau punya apa silakan, emang milik dia”. Ungkap Haji Bolot.

BACA JUGA: Penerbit Landasan Ilmu

Rajin Bersedekah/Berbagi.

Ketiga adalah bersedekah, berbagi kepada siapapun. Bersedekah itu bukan hanya membuat kita menjadi cukup bahkan kaya namun jauh lebih itu ada sebuah rahasia yang mungkin hanya orang yang ahli sedekah yang mengetahuinya, ternyata bahwa dengan bersedekah bisa membuat kita selalu sehat dan dijauhi segala penyakit. Dengan senang berbagi fikiran kita akan segar, hati kita akan bahagia. Karena Sumber penyakit bisa saja dari fikiran dan hati kita yang kurang bersih selama ini.

“Banyak sedekah, manusia hidup ya enggak? harus banyak sedekah. Kita mendapat duit umpama seribu perak aja itu hak orang ada disitu, itu yang akan kita keluarkan, bagi lagi 2.5 %”. Ungkap Haji Bolot.

Itulah Kunci sukses, sehat dan Bahagia ala Haji bolot dengan segudang pengalamannya hingga saat ini meski usianya telah senja namun semangatnya seperti masih muda, mudah-mudahan kita bisa memetik pelajaran dan hikmah dari perjalanan hidup Haji Bolot.

Sumber: Podcast Youtube Dedi Corbuzier dengan Bintang Tamu Haji Bolot tanggal 28 Oktober 2020

SUDAH BACA CERPEN:
1. Perkenalan Berujung Penyesalan
2. Nenek Misterius
3. Mimpi Sang Gadis

4. Senyuman Terakhir
5. Rahasia Surat Farhan

Beri Penilaian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 16 =