10 Fakta tentang Honorer (Nomor 8 Nyesek Bingit Guys)

10 Fakta tentang Honorer (Nomor 8 Nyesek Bingit Guys)

Memiliki pekerjaan adalah dambaan setiap orang, karena dengan bekerja kita akan menghasilkan pundi-pundi rupiah secara berkala dan setiap waktu. Dengan adanya pundi-pundi rupiah tersebut tentu kita dapat memenuhi kebutuhan kita dan orang-orang terdekat. Apalagi mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan yang diimpi-impikan ditambah lagi dengan gaji yang cukup bahkan berlebih. Namun faktanya ada pekerjaan yang Unik dan Banyak yang tidak mencita-citakannya yaitu: menjadi seorang Honorer. Apa saja sih Fakta seorang pekerja honorer??? Berikut 10 Fakta tentang Honorer (Nomor 8 Nyesek Bingit) secara umum yang sering dijumpai.

BACA JUGA ARTIKEL: 3 Kunci Sukses & Bahagia Ala Haji Bolot

1. TIDAK DIGAJI

Pegawai atau pun Guru, pasti ada saja yang berstatus sebagai honorer, sekilas kita tidak bisa membedakannya antara PNS dan Honorer karena memakai seragam yang sama dan memiliki jam kerja yang sama. Ironisnya di beberapa instansi pemerintah, Honorer ada yang tidak diberi gaji alias suka rela meski ia bekerja tak kenal waktu, apakah honorer ini bisa dikatakan seorang relawan yang sesungguhnya? Trus, kenapa ia bisa bertahan ya Guys??? Ada yang bisa jawab?…

BACA JUGA ARTIKEL: Jenis Rempah Khas Kerinci ini menjadi incaran untuk Masakan Berskala Besar

2. GAJI DIBAWAH UMR

Nah, ternyata tidak semua Honorer yang tidak digaji Guys, ada juga yang diberikan Gaji namun dibawah Upah Minimum Regional (UMR), Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK), serta Upah Minimum Provinsi (UMP). Karena faktanya Guys, ada yang digaji  800rb, 300rb, 150rb bahkan 100rb/ bulannya, karena setiap daerah tentunya berbeda-beda. Meski begitu ada saja Honorer yang semangatnya melebihi Gaji PNS dan yang PNS semangatnya seperti Gaji Honorer. Ada-ada saja ya Guys Fenomena kehidupan.

BACA JUGA ARTIKEL: 2015 Memories (Event Pertama Penerbit Landasan Ilmu)

3. MIMPI JADI PNS TANPA TES

Ingat gak Guys, di era Presiden SBY ada lebih 1 juta Honorer yang diangkat menjadi PNS tanpa tes karena apresiasi beliau terhadap pengabdian Honorer yang selama ini tak kenal lelah. Hal ini membuat para sarjana ingin mecoba peruntungan sebagai Honorer, barangkali Presiden-presiden selanjutnya bisa seperti pak SBY. Namun 2 tahun, 4 tahun, 8 tahun, 10 tahun berlalu, reinkarnasi pak SBY pun tak kunjung tiba. Honorer tetaplah honorer, kalau mau jadi PNS mau tidak mau harus mengikuti Tes, jika usia telah melewati 35 tahun tetaplah sabar dengan status Honorer, berharap pemerintah benar-benar peduli dengan honorer. Karena mereka pun punya sumbangsih yang besar terhadap keberlangsungan pemerintah.

4. BEBAN KERJA SAMA DENGAN PNS

Meski sebagai honorer tak membuat pekerjaan menjadi mudah, santai dan bisa dianggap remeh. Disiplin selalu ditekankan, bekerja tuntas selalu menjadi motto. Ingat kata atasan bahwa ia tidak membedakan antara Honorer dengan PNS. Hal ini lah yang membuat para honorer bermental PNS. Sedikit saja para honorer mengeluh, akan ada celotehan: “kalau tidak mau jadi honorer ya sudah, masih banyak kok penggantinya”. Hmmm betul juga ya Guys. Tapi tetap aja ada Honorer yang Nakal dan tak peduli itu, maklum Guys titipan hehe

BACA JUGA ARTIKEL: Cara Layout buku dengan mudah dan cepat 100% bisa

5. TAKUT RESIGN JADI HONORER

Memiliki pekerjaan yang berat meski bermasalah pada penghasilan alias gaji, tidak membuat para honorer ini patah semangat lalu membuat surat pengunduran diri. Karena masih ada terselip angan reinkarnasi pak SBY akan muncul, jangan sampai satu hari setelah resign ada pengangkatan honorer jadi PNS kan sayang bingit Guys, bertahun-tahun jadi honorer akhirnya tak menghasilkan apa-apa. Ini salah satu ketakutan para honorer disamping sulitnya mencari pekerjaan lain.

6. KURANG DIHARGAI

Terkadang minimnya saling menghargai ternyata terjadi ditengah orang-orang berpendidikan lho Guys, orang kulit putih akan ditertawakan jika berada ditengah-tengah orang berkulit hitam dan  orang yang berkulit hitam akan mejadi cemo’ohan jika berada ditengah orang-rang berkulit putih. Jelas jika tidak hati-hati maka Honorer akan dianggap remeh oleh rekan yang telah duluan menjadi PNS. Ia akan menjadi anak buah yang bisa disuruh-suruh untuk menyelesaikan pekerjaan rekannya yang PNS. Namun tidak sedikit pula PNS yang berbaik hati dan peduli kepada rekannya yang Honorer dengan menyisihkan gajinya untuk berbagi kepada Honorer dan selalu mentraktir yang Honorer jika berada di satu meja makan. Good Job

BACA JUGA ARTIKEL: 5 Langkah Mendirikan Usaha Penerbit Mandiri (Self Publishing)

7. PUNYA USAHA SAMPINGAN

Kebanyakan Para Honorer memiliki usaha atau bisnis sampingan untuk memenuhi kebutuhannya, ada yang bisnis online (olshop), membuka toko, membuka jasa. Dan terkadang penghasilan dari sampingan ini lebih besar dibandingkan penghasilan menjadi honorer bahkan ada yang melibihi gaji rekan PNSnya. Kalau sudah begitu menjadi Honorer itulah pekerjaan sampingannya. Widih keren juga ya kalau begitu.

8. SERING DITOLAK JADI MENANTU

Ini poin yang nyesek bingit Guys bagi teman-teman Honorer, menjadi PNS adalah dambaannya para mertua karena ada jaminan setiap bulan untuk anaknya. Tidak ada orangtua yang menolak jika yang datang adalah seorang PNS. Tapi jika sebaliknya yang datang adalah seorang honorer, maka siap-siap perjuangan lebih kuat lagi. Honorer dipandang belum mampu memberikan ekonomi yang baik, meski kenyataannya memang seperti itu. Karena calon mertua ingin yang pasti-pasti aja. Hufttt sabaaar sabaaar.

BACA JUGA CERPEN: Pahitnya Menatap Jodoh

9. LEBIH STYLISH (GAYA) DARI PNS

Menjadi Honorer bukan berarti penampilan ambu radur seperti kekurangan uang walaupun sebenarnya kekurangan uang hehe, bahkan style Honorer bisa mengalahkan stylenya PNS. Kenapa ya? .. Pertama, karena honorer itu kebanyakan lebih muda dari PNS karena ia baru saja lulus kuliah ditambah dengan status bujangan atau gadis, tentu dari penampilan terlihat lebih fresh. Kedua, karena dengan status bujangan atau gadis tersebut tentu belum ada tanggungan yang lebih berat dibandingkan dengan PNS yang harus membiayai anaknya kuliah sampai puluhan juta rupiah, sehingga dari segi penampilan ia tidak terlalu memikirkan dan yang penting kebutuhan pendidikan anak terpenuhi.

BACA JUGA CERPEN: Perkenalan Berujung Penyesalan

10. SIAP UNTUK DIPECAT (DIRUMAHKAN)

Seorang Honorer harus memiliki mental Baja, karena ia mengisi jabatan yang kosong disuatu lembaga pemerintah sebelum yang PNS datang mengisinya. Ketika pemerintah membuka tes CPNS untuk mengisi jabatan yang kosong tersebut, maka siap-siap yang honorer akan dirumahkan dan akan dipanggil jika dibutuhkan. Jika ia adalah seorang guru Honorer siap-siap Jam pelajarannya berkurang bahkan hilang karena guru PNS yang baru akan mengisi jam pelajaran tersebut.

Nah, itulah 10 Fakta tentang Honorer Guys, meski hal ini tidak semua terjadi disetiap sudut negeri tetapi secara umum itulah yang terjadi. Jika ada tambahan, silakan tinggalkan komentar ya Guys. Tentu kita berdoa yang terbaik untuk semua kalangan baik itu Honorer maupun PNS, semoga kehidupan lebih baik kedepannya dan Indonesia bisa lebih maju lagi.

BACA JUGA ARTIKEL:
1. Mau tidak Mau, KITA adalah PEMIMPIN
2. Manusia Galau, apa itu KAMU?
3. KUNCI SUKSES SEORANG ANAK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 16 =